Tuesday, May 1, 2012

K a T a

Kata ..
Menyusun kata menjadi sebuah kalimat yang tersampaikan pada orang lain, tentunya perlu beberapa pemikiran sebelum semuanya disampaikan.
Agar nyaman dan membuat hati terasa sejuk dan tak sakit hati.

Sekarang ini, begitu banyak orang yang pandai berbicara, pandai berkata, ringan mengutarakan pendapat ataupun celutukan. Tak lagi sungkan, gugup dan malu untuk berkata. Rasanya seperti kicau burung yang ramai. Mengasyikan jika semuanya bisa diterima.

Untuk itu kadang saya merasakan sendiri apakah ada kata kata saya yang terlontar dan menyakiti orang lain ( pasti ada ). Mencerna kembali, berpikir ulang tentang hati yang merasa. Kita bisa saja berkata riang membahas topik sebebas bebasnya tanpa memikirkan salah satu dari teman teman di sekitar kita yang merasa sedih seadainya topik itu dibahas berulang ulang. Atau kasus lain, mungkin ada seeorang yang terbiasa berbicara dengan suara yang keras, atau berkata sedikit dan dibarengi dengan wajah yang tak enak dipandang (bukan jelek). Atau yang kalimatnya selalu terasa menyakitkan dan diucapkan dengan galak.

Tapi siapa yang tau kalo ada yang merasa tersakiti atau tidak ? Apakah yang berkata bisa merasa ? Kalau sudah menyakiti dan membuat seseorang menagis tersakiti ?


Tulisan ini sekedar mengingatkan, untuk diri sendiri.
Tak ada satu orang pun yang senang dibentak, di beritahu dengan wajah cemberut dan kata kata yang menyakitkan. Tapi setiap orang mau diberi senyuman, diberikan kata kata yang baik, dengan nada yang baik dan kalimat yang diatur dengan baik.

Siapapun senang dicintai, siapapun bahagia diberi kasih sayang. Karenanya dengan cinta semua bisa terilhat lebih indah...

No comments: